-->

Etika Copy Paste Yang Harus Anda Ketahui

Etika Copy Paste Yang Harus Anda Ketahui,Hai..!! Sahabat NextAmsky Yang Masih ikut Berpartisipasi di blog ku yang sederhana ini.Dan kini kita sudah masuk dalam tahun 2018 pasti kalian semua pada liburan tahun baruan.
Kata-kata Copy Paste mungkin sudah tidak asing mendengarnya,ini adalah suatu kegiatan menyalin sebuah tulisan yang sama dan memindahkannya ke tempat yang baru.Tetapi di dalam dunia blogging cukup berbeda permasalahannya karena banyak sekali blogger yang melarang Copy Paste karen masalah hak cipta dari pemilik asli konten.

Apa sih alasannya mengapa melarang Copy Paste?

Seperti yang sudah saya katakan di atas masalah utama adalah hak cipta dari pemilik konten yang asli.Karena pemilik konten asli tidak ingin tulisannya di copy tanpa izin.Dengan alasan trafik blog nya turun atau hal hal lain, yang paling mendominasi larangan copy paste adalah Tidak ingin trafik blog nya anjlog.Kenyataan nya semakin banyak yang melihat dan menyalin berarti tulisan kita berkualitas dan banyak di minati.

Tidak mungkinkan jika tulisan kita jelek ada orang yang menyalinnya, itu berarti tulisan kita sangat bermanfaat sebagai sumber referensi utama asal kan mencantumkan link sumber.

Baca juga:Layanan blog ponsel yang masih ada hingga sekarang

Menurut saya pribadi tidak ada masalah mengcopy content dari blog lain tapi dengan syarat mengkombinasikan atara content yang di copy dan hasil ide sendiri serta menggunakan tata letak dan dan gaya bahasa sendiri .
Tata letak tulisan memang sangat berpareasi sesuai kemampuan dan passion nya masing-masing.
Tata letak tulisan meliputi rata tengah,rata kiri dan rata kanan. Ada juga denga garis baru/alenia baru atau pindah barisan ke barisan yang lain seperti artikel  yang saya tulis ini.

Pernahkah mengcopy paste ??

Tentu tidak pernah sekali pun ,saya sendiri tidak terpikir tentang copy paste  yang saya ingin adalah membangun kreativitas pribadi dan mengukur kemampuan pribadi seberapa jauh kita memahami suatu materi.Yang saya pernah lakukan hanya mengkutip satu atau dua bait untuk memperlengkap tulisan utuk yang selebihnya hasil kreativitas sendiri.

Walau pun memcopy paste satu atau dua bait jangan selalu menerbitkan artikel dari hal seperti itu karena terkesan jelek dan terlihat standar-standar saja dan akhirnya blog kita di abaikan karena terkesan tidak unik.

Apa sih keutungannya mengcopy paste.?

Jawabannya tidak ada yang lain selain mempercepat isi blog nya,Copy paste merupakan suatu kegiatan yang mujarap untuk mempercapat isi blog yang di kelola supaya tidak kekurangan pemasukan post.

Apa sih kerugiannya mengcopy paste.?

Kerugiannya cukup banyak di antaranya adalah Kreativitas kita cendrung menurun,Membuat blog itu tidak semudah itu ngeblog itu butuh waktu yang tidak sebentar,Kemampuan kita segitu-gitu saja tidak mengalami peningkatan,Tidak merasa puas dengan hasil yang di capai.
Kira-kira seperti itu lah gambarannya.

Baca juga:Apa yang dapat kita pelajari dari aktivitas bligging?

Nah.. Supaya kita tidak di anggap blogger copy paste lakukan poin-poin utama berikut ini.Biar copy tapi tetap fresh.

Pertama,amati terlebih dahulu bagian artikel mana yang pantas di copy paste
Kedua,Tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri
Ketiga ,Bandingkan dengan artikel lain selain artikel yang copy paste tadi.
Keempat,Kombinasikan dengan ide dan pemikiran diri sendiri.
Terakhir,Jika bekenan berikan link kredit atau tidak diberikan juga tidak masalah.Karena dengan melakukan poin pertama dan terakhir berarti anda mengkelola sumber daya yang ada.Namun tidak sama persis dengan yang aslinya.Jadi kita tidak mendapatkan masalah dari pihak mana pun.

PENUTUP
Mengcopy paste sebenarnya boleh-boleh saja tetapi harus dengan etika,Kalau mampu mampu membuat content yang original hasil dari kereativitas sendiri itu jauh lebih baik.Jika ingin memcopy conten dari orang lain jangan lupakan poin-poin penting nya biar semuanya sama-sama aman dan tidak ada pihak yang di rugikan.

Demikian lah sekilas tengan copy paste kurang lebih nya mohon maaf dan terima kasih sudah membaca.


Etika Copy Paste Yang Harus Anda Ketahui